Gunung Batur,5 Things You Need To Know Before The Climb

Gunung Batur,5 Things You Need To Know Before The Climb

Well hay !!! Yap, seperti yang kalian ketahui Indonesia memiliki lebih banyak gunung api dibandingkan dengan negara lainnya, karena Indonesia terletak di jalur Ring of Fire (Cincin Api Pasifik) itu kenapa Indonesia memiliki gunung api  paling banyak di dunia, menurut data yang gue baca dari engkong Wikipedia, Indonesia saat ini memiliki 127 gunung api yang masih aktif dan 2 di antaranya merupakan gunung api yang paling aktif yaitu Gunung Kelud dan Gunung Merapi di Pulau Jawa. Dengan keadaan ini Indonesia terancam oleh adanya intensitas bencana alam yang sangat tinggi, seperti letusan gunung, gempa bumi dan tsunami. Namun di sisi lain dengan banyaknya gunung api di negara ini, juga bisa menimbulkan dampak posisitif bagi penduduk yang tinggal di lereng – lereng gunung, sebab abu vulkanik dan material letusan yang dikeluarkan oleh gunung api saat Meletus mengandung mineral yang sangat berguna untuk kesuburan tanah, nah makanya banyak orang yang lebih memilih tinggal di lereng gunung untuk Bertani, dan itu kenapa wilayah pegunungan akan selalu terlihat lebih subur dibandingkan dengan lahan pertanian yang ada di dataran rendah.Di Bali sendiri juga terdapat gunung api, yaitu The Mighty Agung (Gunung Agung) dengan ketinggian 3.031 mdpl dan The Majestic Batur Volcano (Gunung Batur) dengan ketinggian 1.717 mdpl.

Bli apa keduanya masih aktif ? yap keduanya masih aktif sampai sekarang.

 

Bali, Bangli, Mount Batur, Batur Tracking, Unesco, Biggest Caldera in the world, wonderful Indonesia

On The Top Of Batur Volcano

Kali ini apa yang akan gue bahas akan lebih fokus ke Gunung Batur ya guys, tepatnya ditulisan ini gue bakalan ngejelasin 5 hal yang harus kalian ketahui dan persiapkan sebelum melakukan pendakian ke Gunung Batur,namun sebelum itu gue bakalan kasi tau ke kalian rute untuk menuju ke Gunung Batur, Gunung Batur sendiri terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli – Bali. Dari Airport Ngurah Rai kalian bisa menuju ke Kintamani dengan jarak tempuh mencapai 2 jam, kalau dari Denpasar itu sekitar 1 jam 30 menit, Kalau dari Ubud itu sekitar 45 sampai 1 jam perjalanan. Gunung yang satu ini sangat menarik karena terletak di dalam kaldera yang berukuran sangat besar dan konon katanya kaldera ini adalah kaldera yang paling besar di dunia, dan jangan lupa selain Gunung Batur di dalam kaldera tersebut juga terdapat danau yang berbentuk bulan sabit yaitu Danau Batur. Kaldera ini diyakini terbentuk sebagai akibat dari letusan super volcano (Gunung Api Super) yang terjadi sebanyak dua kali yaitu di 29.300 tahun yang lalu dan 20.150 tahun yang lalu, bisa dikatan letusan itu terjadi sebelum berakhirnya Ice Age (Jaman Es) sekitar 16.000 tahun yang lalu.

Bali, Bangli, Mount Batur, Batur Volcano, UNESCO, Batur Tracking

Senyumnya maksa banget padahal di puncak dinginya kaga nahan

Jadi jika kalian berencana untuk melakukan pendakian ke gunung yang satu ini,here are somethings that you need to know :

  1. Persiapkan Fisik dan Mental

Walaupun gunung yang satu itu kaga begitu tinggi tapi yang Namanya gunung ya tetep aje gunung butuh persiapan yang matang sebelum mendaki sampai ke puncaknya, karena kita kaga bakalan tau nih, apa yang bakalan terjadi di perjalanan nanti. Jadi ada baiknya daripada lu semua bingung mikirin apa – apa aja yang harus di bawa saat pendakian , mending lu pade nyiapin mental dan fisik terlebih dahulu nih, mental kalian harus siap dan kaga boleh setengah – setengah biar nanti pas di tengah pendakian kalian kaga pada minta balik karena kaga yakin bisa naik ke puncak atau engga, uwehehehehe, na kalau mental udah pada siap selanjutnya jangan lupa untuk mempersiapkan kondisi fisik yang vit sebelum pendakian. Yang hobinya begadang diusahakan di stop dulu begadangnya, minimal H-2 itu kalian harus dapat istirahat yang cukup dan H-1 minggu kalian coba dah untuk jogging – jogging ringan untuk mempersiapakan fisik kalian pada saat mendaki nanti. Tidur yang cukup adalah kuncinya buat kalian yang mau mendaki dengan kondisi vit, tapi buat kalian yang mungkin merasa kurang vit karena kesibukan seperti kerja ataupun kegiatan lain sebelum pendakian jangan khawatir, karena itu bisa diatasi dengan meminum minuman energi, jadi setidaknya itu bakalan ngebuat lu pada ngerasa lebih vit. Tapi tetep gue saranin walaupun lu pada udah nyiapan minuman energy, lu pada juga tetep harus istirahat ya cuy. Setelah kedua hal mendasar ini sudah kalian siapkan, na kalian kaga perlu ragu lagi nih untuk ngerencanain pendakian ke Gunung Batur, jangankan gunung batur gunung kembar aja bisa lu daki dah kalau mental dan fisik udah pada siap uwehehehehe.

Bali, Bangli, Mount Batur, Batur Volcano, UNESCO, Batur Tracking

Gini nih kalau mental dan fisik sudah siap, mau rayain ultah temen mah juga bisa di puncak uwehehehe

  1. Baju Hangat, Jeket, Air Mineral dan Roti

Karena Gunung Batur tidak begitu tinggi jadi lu kaga perlu bawa barang – barang yang berlebihan kecuali kalau kalian mau mendirikan tenda di di puncaknya, barang – barang yang gue sebutin di atas itu merupakan perlengkapan pokok yang harus kalian bawa pada saat pendakian. Baju hangat dan Jaket itu sangat penting ketika kalian ingin mendaki gunung namun jika kalian mendaki Gunung Batur kalian tidak perlu membawa begitu banyak baju, cukup satu baju dan jaket karena disana udaranya menurut gue tidak begitu dingin, lalu air meniral juga sangat penting cobalah untuk membawa air mineral secukupnya karenan jika kalian membawa terlalu banyak air mineral itu malah akan menyusahkan kalian karena akan membuat ransel terasa lebih berat, usahakan kalian membawa tidak lebih 3 botol air mineral tanggung itu saja sudah lebih dari cukup. Yang terkahir adalah roti, kalian kaga mau kan nanti setelah di puncak kalian cuman bisa nelen ludah doang ngeliatin pendaki – pendaki yang lain pada breakfast semua, makanya gue nyaranin lu pada juga harus bawa roti dah ke atas, kenapa roti ? karena makan roti itu kaga ribet, tinggal buka bungkusnya habis itu langsung makan dah. Walaupun di puncak gunung ini ada pedagang yang menjual beberapa menu makanan untuk breakfast seperti mi instant, roti, susu dan lain – lain, tapi gue kaga nyaranin lu pada untuk beli disana karena harganya bisa jadi 2 kali lipat, kenapa dua kali lipat ? itu bisa dibilang upah buat si dagangnya karena udah berat -berat bawa daganganya naik turun gunung, tapi kalau emang kalian mau beli disana juga sebenernya kaga masalah, sypa tau lu pada pada kaga doyan roti, atau kalian pada mau menghangatkan tubuh, jadi dengan beli mie instan kuah plus susu hangat itu bakalan ngebantu kalian untuk menghangatkan tubuh pada saat dipuncak. Pada intinya kalau lu pada mau mendaki gunung yang satu ini gue saranin jangan bawa barang yang berlebihan ya, contohnya kenapa harus bawa carrier kalau ransel ataupun backpack juga sudah cukup, jadi selain barang – barang di atas yang udah gue sebutin, juga ada barang  barang yang perlu dibawa yang sifatnya kondisional seperti misalnya kalian merencaknakan pendakian tepat di musim penghujan ya sudah jelas kalian harus bawa jas hujan untuk jaga – jaga agar kalian tidak basah kuyup pada saat pendakian. Satu hal lagi jangan lupa juga untuk membawa senter karena sangat disarankan sekali untuk pendaki yang mau mendaki Gunung Batur agar mendaki gunung ini di jam 03.00 dini hari. Mau tau alasanya ? baca terus sampai ke bawah ya cuy.

Bali, Bangli, Mount Batur, Batur Volcano, UNESCO, Batur Tracking

EPIC

  1. Tentukan Rute Pendakian

Jadi menurut info yang gue dapet, rute pendakian di Gunung Batur itu ada 2, yaitu Starting Point Pura Jati Luhur, dan starting point di Pos Pendakian Himpunan Pramuwisata Pendakian Gunung Batur, na keduanya sama – sama terletak di kaki gunung batur cuy. Bagi lu pade yang belum pernah mendaki Gunung Batur sangat di sarankan untuk menggunakan jasa guide atau pemandu, biasanya lu pade bakalan dikenakan biaya 300 – 400K per guide tergantung skill tawar menawar yang kalian punya ya uwehehe, tapi kalau semisal kalian udah pada pernah mendaki gunung ini, dan lu hafal dengan rutenya sebenarnya kaga masalah kalau kaga pake jasa pemandu. Gue sendiri sih milih starting point yang ada di pos pendakian pramuwisata Gunung Batur, dan waktu itu gue mendaki dengan 7 orang temen gue dan kaga pake guide karena kebetulan gue udah pernah naik ke gunung ini kurang lebih 5 kali jadi gue lumayan hafal dengan jalur trekingnya, gue saranin buat kalian yang belum pernah mendaki ataupun yang sudah pernah, untuk memulai perjalanan dari pos pendakian pramuwisata gunung batur juga karena jika kalian memerlukan guide untuk mendaki gunung tersebut kalian kaga perlu ribet untuk cari guidenya, kalaupun kalian mau mendaki tanpa guide itu juga kaga masalah tapi pastikan kalau kalian mendaki dengan group pendakian yang lain, jadi nanti kalian kalau lupa jalan bisa ngekor dengan group yang lain. Sebelum pendakian kalian akan dikenakan biaya masuk/registrasi sebesar Rp. 7.500, salah satu alasan gue merekomendasikan lu semua untuk mendaki lewat starting point yang gue lewatin sebelumnya, itu karena pos ini yang paling ramai, jadi bener – bener seru dah kalau mendaki bareng dengan group yang lain.

  1. Tentukan Waktu Pendakian Yang Tepat and Don’t Miss The Sunrise

Banyak yang bilang kalau sunrise di Gunung Batur adalah salah satu yang terindah di Bali dan bahkan di Dunia. Untuk mendapatkan momen yang tepat agar kalian bisa menikmati keindahan sunrise dari puncak, mau ga mau kalian harus memulai perjalanan lebih awal yaitu di sekitar jam 03.00 AM (Dini Hari), estimasi perjalanan menuju ke puncak itu sekitar 1 jam 30 menit – 2 jam pendakian, It depends on how fast you are. Na jadi kalau kamu berangkat sesuai dengan jam di atas kamu bakalan sampai di puncak itu sekitar jam 04.30 sampai dengan jam 05.00 AM. Biasanya matahari terbit akan muncul di sekitar jam 05.30 AM, kamu bisa tunggu sunrisenya muncul sambil beristirahat di warung – warung semi permanen yang terdapat di puncak gunung, jangan lupa untuk menyiapkan kamera pada saat kemunculan sunrisenya.

Gunung Batur,Bali, Bangli, Mount Batur, Batur Volcano, UNESCO, Batur Tracking, Best Sunrise Spot

The Best Sunrise Spot In Bali

Selain sunrise kalian juga akan disuguhkan pemandangan danau batur yang sangat indah beriringan dengan pemandangan Gunung Abang di belakangnya, pemandangan yang akan kamu lihat setelah sampai di puncak akan membuat kamu terdiam selama beberapa detik bahkan menit , karena pasti kamu bakalan terpesona dengan keindahanya. Selain pemandangan sunrise,danau,dan gunung abang, jika kalian berkeliling di sekitar kawah di bagian belakang kalian juga akan melihat kawah gunung batur, dan biasanya di sekitar kawah kalian bakalan liat segerombolan monyet yang berkeliaran, kalau kalian bawa roti ataupun buah – buahan ke puncak kalian juga bisa kasi makan monyetnya langsung, dan jangan khawatir monyet – monyet disana sudah terbiasa dengan kehadiran manusia jadi mereka tidak agresif dan terkadang jika kalian beruntung kalian akan menemukan monyet yang ramah disana.

Jadi kalau kalian udah pada menikmati segala macem keindahan yang ada di puncak gunung batur, kalian bisa langsung memutuskan untuk turun gunung nih mengingat kalau matahari udah di atas  kepala, suhu disana bisa sangat panas sekali, makanya gue saranin lu pada bisa langsung turun segera setelah menikmati pemandangan di atas cuy, kasian juga nanti kalian yang kaga suka panas – panasan, harus rela gosong setelah pendakian, uwehehehe.

  1. Beginner or Pro Mountaineer Kaga Jadi Masalah

Gue juga bukan pendaki gunung yang professional, puncak tertinggi yang pernah gue daki itu cuman 2.276 mdpl, yaitu puncak tertinggi Pegunungan Batukaru , jadi puncak yang satu ini merupakan puncak tertinggi kedua yang ada di Pulau Bali setelah Gunung Agung.

Ini bukan masalah kalian pendaki berpengalaman atau hanya sekedar pemula, tapi ini masalah seberapa kuat tekad yang kalian punya, pada saat gue mendaki gunung batur jalur pendakianya tidak begitu gampang tapi sebenarnya juga tidak sulit, yang penting kalian punya tekad yang kuat, dan yang kaya udah gue bilang sbelumnya perlu persiapan mental dan fisik. Kalau ketiga unsur itu sudah terpenuhi, kalian kaga perlu ragu dah untuk mendaki gunung ini. Just try it so that we will know whether it is good or bad, the result will speak latter.

Jadi sekian dulu nih tips dan persiapan yang bisa kalian lakuin sebelum pendakian ke gunung batur, semoga bermanfaat kawan. Gue Aditya, until next time, see yaa !!! Baca juga keseruan petualangan Heyho Traveler di Nusa Penida dengan budget yang pas – pasan disni.

Bali, Bangli, Mount Batur, Batur Volcano, UNESCO, Batur Tracking

Semangat mendaki di puncak banyak bule berkeliaran

Heyho Traveler
Heyho Traveler
I was born in Jakarta on July 6th 1994 but fully raised in Bali. I am 100% Balinese also work and Live in Bali. I won't die until I've managed travelling around the world. Your freedom is in your hand, don't just waste your time in your goddamn comfortable bed, your life is yours,so own it, enjoy it and be free !!!