Bukit Selong : Kecelakaan Tragis di Dataran Tinggi Lombok Timur

Bukit Selong : Kecelakaan Tragis di Dataran Tinggi Lombok Timur

Bukit Selong, Pusuk Sembalun, Desa Sembalun, Gunung Rinjani, Lombok, Lombok Timur, Pulau Lombok, Explore Lombok, Traveling, Travel Blogger, Do You Travel, Wanderlust, Backpacker, Travel The World, Indonesia, Wonderful Indonesia, Wisata Lombok

Well Hay!!! Banyak tempat seru dan menarik yang bisa kalian kunjungi di Pulau Lombok, engga cuman di Lombok Tengah doang, bahkan bisa dibilang disetiap kabupaten di Pulau Lombok ini memiliki tempat wisata dengan ciri khasnya masing – masing. Waktu gue di Lombok kemarin,setelah seharian mengunjungi Wisata Budaya di Desa Sade serta pantai – pantai super mantaf di Lombok Tengah, besoknya gue mutusin untuk berangkat ke wilayah yang bisa dibilang lumayan jauh dari daerah perkotaan. Yap gue mutusin untuk pergi ke Bukit Selong di Desa Sembalun,Lombok Timur tepatnya di kaki Gunung Rinjani cuy.

Heyho Traveler, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, Lombok, Bukit Selong,Bukit Pagringsingan,Desa Sembalun,Gunung Rinjani, Explore Lombok,Lombok,Wisata di Lombok,Pusuk Sembalun,Traveling,Travel Blogger, Blogger's Life, Travel The World, Traveling, Wanderlust, Do You Travel, Backpacker, Wonderful Indonesia

Gimana ? Keren kan bukit yang satu ini, liat tuh sawahnya bisa kotak – kotak simetris gitu, kaya perut gue uwehehe.

Kalau menurut gue Lombok Timur ini sedikit berbeda dari kabupaten lainya yang ada di Pulau Lombok, kenapa? Karena Lombok Timur bisa dibilang cenderung lebih religious dan islami, itu gue liat dari banyaknya pesantren dan sekolah muslim yang ada disana,serta penduduknya sendiri yang memang sudah jelas mayoritas beragama muslim.

Waktu itu perjalanan gue kesana cukup rough kaya pahanya mimi peri, Bli emang pahanya mimi peri kasar? bukan kasar lagi tapi berantakan,uwehehe, Lah Bli lo kok bisa tau pahanya mimi peri berantakan ? iya karena gue punya kekuatan super mata laser yang bisa melihat kondisi dan struktur paha dari kejauhan, khususnya paha wanita, uwehehehe.

Balik lagi ke perjalanan gue yang berantakan, gue bilang berantakan karena sebelum sampai di Desa Sembalun,Rinjani, gue mengalami kecelakaan tragis cuy. Ada yang bisa nebak seteragis apa kecelakaan gue waktu itu?

Diserempet mobil terus kelindes truck bli?

Asem!!! Udah kaya Final Destination aja lo tong, bukan!!!

Di begal banci bli?

bukan juga, itu mah engga tragis namanya tapi sial.

Well, jadi waktu itu gue jatuh dari motor cuy.

Udah gitu doang Bli?

La iya gitu doang, terus lo mau gue jatuh + kelindes truck gitu? Amit – amit cuy, gue masih pingin hidup, masih pingin jalan – jalan keliling dunia, jadi gue kaga bakalan mati sebelum gue berhasil mengelilingi dunia. Camkan itu! Aseeek,uwehehehe.

Gue jatuh dari motor bukan karena kesalahan gue sendiri ya cuy, waktu itu gue jatuh karena ngelewatin bagian jalan yang ada oli tumpahnya, dan oli itu gue kira air,makanya gue lewatin. Habis itu gue jatuh sambil ngepot, keren kan? Jadi disini yang salah siapa?

Ya lo lah yang salah bli gimana sih.

Bukan yang salah itu yang buat olinya, coba si tukang pembuat oli ini kaga buat oli, pasti kaga ada orang yang punya oli, alhasil jadinya engga ada deh orang yang bisa numpahin oli terus buat gue jatuh. Gimana pinter kan logika gue? Iyalah pinter orang gue gaulnya sama pasukan nasi bungkus + manusia – manusia yang akalnya sepanjang bulu hidung, yang kemarin sering demo – demo kaga jelas, uwehehehe.

Kecelakaan tragis itu terjadi di Taman Nasional Gunung Rinjani cuy sebelum memasuki Desa Sembalun, na untung aja ada yang nolongin buat pinggirin motor gue waktu itu, jadi ya gue engga sial – sial ametlah ya. Gue bukan tipe orang yang gampang menyerah cuy, setelah kejadian itu gue engga mutusin buat balik ke hotel di mataram, tapi gue lanjutin perjalanan lagi ke tujuan utama gue. Sebelum gue sampe di tempat tujuan, gue mampir dulu ke Puskesmas Desa Sembalun untuk bersihin luka di kaki gue, untung puskesmasnya engga tutup.

Heyho Traveler, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, Lombok, Bukit Selong,Bukit Pagringsingan,Desa Sembalun,Gunung Rinjani, Explore Lombok,Lombok,Wisata di Lombok,Pusuk Sembalun,Traveling,Travel Blogger, Blogger's Life, Travel The World, Traveling, Wanderlust, Do You Travel, Backpacker, Wonderful Indonesia

Walaupun waktu itu lagi bulan puasa, puskesmas di desa sembalun tetep buka cuy,emang super mantaf nih puskesmas

Bli emang lukanya parah ya?

Engga sih, cuman waktu itu darahnya lumayan banyak yang keluar jadi gue putusin untuk mampir bentar di puskesmas.

Luka hati lo kaga dibersihin Bli?

Buset, sorry ya gue engga punya luka hati. Aseek!!!

Heyho Traveler, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, Lombok, Bukit Selong,Bukit Pagringsingan,Desa Sembalun,Gunung Rinjani, Explore Lombok,Lombok,Wisata di Lombok,Pusuk Sembalun,Traveling,Travel Blogger, Blogger's Life, Travel The World, Traveling, Wanderlust, Do You Travel, Backpacker, Wonderful Indonesia

Jadi ini kenapa tempat ini dinamakan PUSKES-MAS. karena yang jaga mas-mas, kalo di Sembalun ada PUSKES-MBA,ya mending gue kesana ajalah uwehehe

Setelah 2jam lebih perjalanan plus 30 menit mampir ke puskesmas, gue akhirnya nyampe di Bukit Selong yang super mantaf. Waktu baru nyampe disana, gue langsung disamperin sama pemuda disana, biasanya mereka ini bakalan nawarin ke kalian jasa guiding, dan ongkosnya itu suka rela cuy, ya jadi engga ada salahnya kalau gue pake jasa mereka. Uwehehe, itung – itung ngebantu perekonomian warga lokal ya.

Heyho Traveler, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, Lombok, Bukit Selong,Bukit Pagringsingan,Desa Sembalun,Gunung Rinjani, Explore Lombok,Lombok,Wisata di Lombok,Pusuk Sembalun,Traveling,Travel Blogger, Blogger's Life, Travel The World, Traveling, Wanderlust, Do You Travel, Backpacker, Wonderful Indonesia

HOW TO REACH THE PLACE

Dari Kota Mataram kalian bisa terus ikuti mapnya sampai kalian ketemu jalan raya mataram – sikur,lanjut lagi ke Jalan Wisata Gunung Rinjani, sampai kalian ketemu gerbang masuk ke Taman Nasional Gunung Rinjani, ikuti jalan terus sampai ketemu Taman Wisawata Pusuk Sembalun, na kaga jauh dari sini kalian bakalan lewat jalan menurun ke Desa Sembalun di kaki gunung rinjani, jalan terus sampai ketemu puskesmas Desa Sembalun, sekitar 20 menit dari sana kalian bakalan sampe deh di Bukit Selong. Biar lebih jelas, here is the map:

Heyho Traveler, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, Lombok, Bukit Selong,Bukit Pagringsingan,Desa Sembalun,Gunung Rinjani, Explore Lombok,Lombok,Wisata di Lombok,Pusuk Sembalun,Traveling,Travel Blogger, Blogger's Life, Travel The World, Traveling, Wanderlust, Do You Travel, Backpacker, Wonderful Indonesia

kalian tinggal ikutin rute yang ada di map tadi sampe ketemu pintu masuk Taman Nasional Gunung Rinjani

THINGS TO DO RIGHT THERE

Hal pertama yang harus kalian lakukan setelah sampai disana adalah, parkir motor atau mobil kalian dengan benar, uwehehe, setelah itu kalian bisa ngobrol dengan pemuda asli disana, siapa tau aja lo bakalan dapet informasi lebih berkaitan dengan Bukit Selong dan sekitarnya.

Heyho Traveler, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, Lombok, Bukit Selong,Bukit Pagringsingan,Desa Sembalun,Gunung Rinjani, Explore Lombok,Lombok,Wisata di Lombok,Pusuk Sembalun,Traveling,Travel Blogger, Blogger's Life, Travel The World, Traveling, Wanderlust, Do You Travel, Backpacker, Wonderful Indonesia

Kalian juga bisa foto di hutan bambu yang ada di deket parkiran cuy

Biasanya nih sebelum kalian naik ke Bukit Selong, kalian bakalan di ajak ke Desa Blek terlebih dahulu. Desa Blek ini merupakan Desa Tradisional Suku Sasak yang tinggal di Sembalun, mirip kaya Desa Sade cuy, baca pengalaman wisata budaya gue disini cuy : Desa Sade, Desa Super Tradisional Milik Suku Sasak. Menurut gue Desa Blek ini sangat spesial, kenapa? Konon katanya, menurut informasi yang gue dapet guide lokal disini, desa ini merupakan desa pertama yang ada di kaki Gunung Rinjani sebelum Desa Sambalun, na di desa ini hanya ada 7 rumah yang dulunya ditinggali oleh 7 keluarga, namun mirisnya, sekarang desa ini sudah ditinggalkan oleh penduduknya dengan alasan ingin mencari peruntungan di luar desa, dan yang bikin gue tambah heran adalah, sekarang Desa Blek hanya memiliki satu penduduk yang menetap disana. Widih ni orang emang bener – bener greget ya,kalo gue mah mending kabur, takut dicari valak nanti pas tidur, uwehehe.

Heyho Traveler, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, Lombok, Bukit Selong,Bukit Pagringsingan,Desa Sembalun,Gunung Rinjani, Explore Lombok,Lombok,Wisata di Lombok,Pusuk Sembalun,Traveling,Travel Blogger, Blogger's Life, Travel The World, Traveling, Wanderlust, Do You Travel, Backpacker, Wonderful Indonesia

Heyho Traveler, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, Lombok, Bukit Selong,Bukit Pagringsingan,Desa Sembalun,Gunung Rinjani, Explore Lombok,Lombok,Wisata di Lombok,Pusuk Sembalun,Traveling,Travel Blogger, Blogger's Life, Travel The World, Traveling, Wanderlust, Do You Travel, Backpacker, Wonderful Indonesia

Heyho Traveler, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, Lombok, Bukit Selong,Bukit Pagringsingan,Desa Sembalun,Gunung Rinjani, Explore Lombok,Lombok,Wisata di Lombok,Pusuk Sembalun,Traveling,Travel Blogger, Blogger's Life, Travel The World, Traveling, Wanderlust, Do You Travel, Backpacker, Wonderful Indonesia

Bli ni orang kenapa kaga mau kabur kaya warga desa lainya?

Katanya sih, dia punya perjanjian entah dengan siapa gue lupa, kalau si orang ini nih kaga boleh pergi dari Desa Blek, kalau dia pergi nih kemanapun itu katanya dia bakalan tersesat dan tak bisa bangkit lagi cuy, asem wkwkwkwk.

Heyho Traveler, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, Lombok, Bukit Selong,Bukit Pagringsingan,Desa Sembalun,Gunung Rinjani, Explore Lombok,Lombok,Wisata di Lombok,Pusuk Sembalun,Traveling,Travel Blogger, Blogger's Life, Travel The World, Traveling, Wanderlust, Do You Travel, Backpacker, Wonderful Indonesia

Desa Blek dari ketinggian,kepleset dikit bahaya nih nasib gue uwehehe

Setelah mengunjungi Desa Blek, kalian bisa lanjut lagi ke Bukit Selong, naiknya kaga jauh, cuman 10 menit doang kalian bakalan nyampe di bukitnya, di atas bukit Selong Kalian bakalan ngeliat view persawahan yang super epic dan instagramable cuy, dan kalau kalian mau ke bagian yang lebih tinggi dari bukit ini bisa kok, jadi nanti di atas sana bakalan ada spot foto yang berbentuk bintang, lumayan baguslah kalau di pake foto. Gue sendiri kaga sempet kesana karena kaki gue lagi engga dalam kondisi yang prima, jadi gue engga mau maksain keadaan, uwehehe.

Heyho Traveler, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, Lombok, Bukit Selong,Bukit Pagringsingan,Desa Sembalun,Gunung Rinjani, Explore Lombok,Lombok,Wisata di Lombok,Pusuk Sembalun,Traveling,Travel Blogger, Blogger's Life, Travel The World, Traveling, Wanderlust, Do You Travel, Backpacker, Wonderful Indonesia

Udah naiknya cuman sampe situ doang, kaga kuat lagi, kaki udah gemeter wkwkwk

Heyho Traveler, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, Lombok, Bukit Selong,Bukit Pagringsingan,Desa Sembalun,Gunung Rinjani, Explore Lombok,Lombok,Wisata di Lombok,Pusuk Sembalun,Traveling,Travel Blogger, Blogger's Life, Travel The World, Traveling, Wanderlust, Do You Travel, Backpacker, Wonderful Indonesia

Heyho Traveler, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, Lombok, Bukit Selong,Bukit Pagringsingan,Desa Sembalun,Gunung Rinjani, Explore Lombok,Lombok,Wisata di Lombok,Pusuk Sembalun,Traveling,Travel Blogger, Blogger's Life, Travel The World, Traveling, Wanderlust, Do You Travel, Backpacker, Wonderful Indonesia

MY PRETTY WISE ADVICE

  • Kalau kalian mau main ke Bukit Selong, diusahakan berangkatnya pagi, karena perjalanan kesana lumayan jauh cuy kalau dari Mataram.
  • Sebenarnya selain Bukit Selong, di Desa Sembalun juga ada bukit keren lainya, yaitu Bukit Pagringsingan, kalian bisa coba buat mampir kesana kalau udah puas main di Bukit Selong, gue waktu itu kaga sempet mampir karena lutut di kaki kanan gue waktu itu engga bisa diajak kompromi, shit banget deh pokonya.
  • Sebenarnya ada dua rute kalau kalian mau ke Bukit Selong, yaitu lewat rute Lombok Utara, dan Rute Lombok Timur, gue saranin sih kalian lewat Rute Lombok Timur aja, karena jauh lebih deket cuy.
  • As usual, main di Desa Sembalunya kaga usah lama – lama ya cuy, karena takutnya nanti keburu malem, dan jalan di Taman Nasional Gunung Rinjani itu sepi dan gelap banget kalau malem, jadi diusahakan sebelum gelap kalian kudu balik, kembali lagi karena alasan keamanan cuy.
  • Sebenarnya di Desa Sembalun juga banyak sih ada penginapan, sekarang ya gue serahin ke kalian lagi mau bermalam di Sembalun atau di Kota Mataram.

Heyho Traveler, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, Lombok, Bukit Selong,Bukit Pagringsingan,Desa Sembalun,Gunung Rinjani, Explore Lombok,Lombok,Wisata di Lombok,Pusuk Sembalun,Traveling,Travel Blogger, Blogger's Life, Travel The World, Traveling, Wanderlust, Do You Travel, Backpacker, Wonderful Indonesia

Heyho Traveler, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, Lombok, Bukit Selong,Bukit Pagringsingan,Desa Sembalun,Gunung Rinjani, Explore Lombok,Lombok,Wisata di Lombok,Pusuk Sembalun,Traveling,Travel Blogger, Blogger's Life, Travel The World, Traveling, Wanderlust, Do You Travel, Backpacker, Wonderful Indonesia

Kalau yang ini mah pemandangan diperjalanan mau ke Bukit Selong di Desa Sembalun

Heyho Traveler, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, Lombok, Bukit Selong,Bukit Pagringsingan,Desa Sembalun,Gunung Rinjani, Explore Lombok,Lombok,Wisata di Lombok,Pusuk Sembalun,Traveling,Travel Blogger, Blogger's Life, Travel The World, Traveling, Wanderlust, Do You Travel, Backpacker, Wonderful Indonesia

Pas gue mau pulang, eh malah dihadang sapi, emang sial dah gue waktu itu, asem bener

Well Yap!!! Waktu itu gue main di Sembalun Kaga lama cuy, dan memutuskan untuk balik ke Mataram secepatnya. Gue juga engga pake rute Lombok Timur karena takut kejadian yang sama terjadi lagi di perjalanan pulang, jadi gue mutusin untuk lewat Rute Lombok Utara, ya walaupun lebih jauh, tapi setidaknya di rute ini kondisinya lebih baik dan juga lebih rame, jadi ya jadi gue ngerasa kalau rute ini lebih aman cuy untuk kondisi fisik gue waktu itu. Jadi kejadian tragis ini adalah petualangan terakhir gue waktu itu di Pulau Lombok, karena besoknya gue bakalan nyebrang ke GILI TERAWANGAN!!!

Untuk openingnya kalian bisa baca ini dulu cuy: Gilifornia, Awesome Hostel in Gili T.Gue Aditya, see ya!!!

Follow me on:

Instagram : heyho_traveler |Twitter : @Heyho_Traveler

Reach Me Through :

Email : [email protected] |Text/Phone : 082247986577

Don’t forget to like my goddamn Fans Page on Facebook.

 

 

 

Heyho Traveler
Heyho Traveler
I was born in Jakarta on July 6th 1994 but fully raised in Bali. I am 100% Balinese also work and Live in Bali. I won't die until I've managed travelling around the world. Your freedom is in your hand, don't just waste your time in your goddamn comfortable bed, your life is yours,so own it, enjoy it and be free !!!