Ke Nusa Penida Modal 500K, Stay 2 Hari 1 Malam, Is It Possible ?

Jawabanya ya jelas mungkinlah cuy !!! Mungkin kalian bakalan bertanya – tanya nih, emang dapet apaan kalau cuman bawa duit 500k doang ke Nusa Penida, pake nginep segala lagi ? Kalau kalian pada seriusan mau tau, jadi sekarang gue bakalan jelasin secara singkat, padat dan mohon maaf ya nanti kalau ceritanya kurang jelas, uewehehehehehe.

Lets straight to the point, kalau kalian mau jalan – jalan murah kaya gini mau gamau kalian harus share cost sama temen – temen, dengan kata lain lu harus ajak beberapa temen kamu untuk ikut jalan – jalan, jadi biaya perjalanan bisa ditekan karena kalian bisa bayar segala jenis kebutuhan dengan cara patungan, dan otomatis biaya yang kalian butuhkan bisa menjadi lebih murah dibandingkan kalau lu pade traveling sendirian.

Bali, Nusa Penida, Klungkung, Atuh Beach, Klingking Beach, Rumah Pohon Molenteng, Crystal Bay

Best spot in Nusa Penida

Ok jadi syarat pertama udah jelas ya, na kalau syarat keduanya it kalian harus nekat, dengan catatan kaga asal nekat doang ya, jadi segala sesuatu juga harus diperhitungkan terlebih dahulu, seperti biaya tiket perjalanan, akomodasi, dan keperluan lainya. Dengan uang 500k doang  kalian udah bisa dapetin kepuasaan cuy !!! Agak sensitive ya kalau udah denger kata kepuasaan kaya gini, wait tapi jangan diartikan negative dulu, kepuasaan yang gue maksud disini adalah kepuasaan batin karena kalian bisa menikmati keindahan alam yang ada di Nusa Penida, yang tentunya keindahan alam itu belum begitu terjamah oleh banyak wisatawan dan investor, jadi pengelolaan wisata alam disana kebanyakan masih dikelola oleh Desa Adat, ataupun komunitas lokal yang ada disana.

Well, gue pergi ke Nusa Penida dengan 5 orang temen gue, dan pas tepatnya di Bulan April tanggal 21 – 22 ( Sabtu – Minggu ), emang paling mantaf dah kalau  jalan – jalan pas lagi weekend. Kaga kaya orang – orang kebanyakan yang berangkat ke Nusa Penida mesti banget lewat pelabuhan yang ada di Sanur, Denpasar – Bali, naa gue sama temen – temen yang lain memutuskan untuk berangkat ke Pulau Nusa Penida lewat pelabuhan Tri Bhuana yang terletak di Kabupaten Klungkung, tepatnya di Desa Kusamba, naa karena kebetulan gue dan temen – temen yang lain itu asalnya dari kota Klungkung, jadi sekarang kalian udah pada tau kan kenapa gue milih pelabuhan ini, karena jaraknya cuman 15 menitan kalau dari rumah gue.

Kita berangkat ambil jadwal  yang paling pagi yaitu sekitar jam 07.00 AM, jam 06.00 AM kita sudah harus ada di pelabuhan karena takutnya nanti kita kaga kebagian tiket. Setelah sampai di pelabuhan, gue kebelet boker cuy karena sebelumnya di rumah gue kaga sempet ritual suci, untung tiket udah ditangan jadi gue lebih relax buat boker di pelabuhan walaupun kondisi diluar kamar mandi agak sedikit rame jadi konsentrasi gue agak sedikit keganggu uwehehehehe.

Nusa Penida !!!

Fast boat yang gue tumpangin waktu itu berangkatnya tepat waktu, jam 7 teng gue udah meluncur ke Nusa Penida, gue kira perjalanan kesana itu bakalan memakan waktu sampai 45 menitan dan ternyata gue salah sangka cuy, dalam waktu kurang lebih sekitar 25 – 30 menitan kita udah nyampe di Nusa Penida.

Setibanya disana gue dan temen – temen yang lain langsung gas untuk cari tempat penyewaan motor yang harganya terjangkau, jadi gue ketemu dengan Bapak Dewa Aji, naa konon katanya nih menurut informasi yang gue dapet dari temen gue yang asalnya dari Nusa Penida, Bapak yang satu ini merupakan juragan motor yang pasang harga paling murah di seantero Nusa Penida cuy, uewehehehehe, dan bener banget kita semua dapet harga yang bisa dibilang murahlah untuk sebuah motor matic, yaitu cuman 50K doang untuk satu hari, dan itu sudah include dengan bensin setengah tangki cuy. Tapi kalian juga harus teliti ya karena kaga semua juragan motor disini menyediakan bensin yang cukup untuk awal perjalanan, dan terkadang indicator bensinya bisa dibilang tidak bekerja dengan baik, karena biasanya apa yang ditunjukan oleh si indicator bensin ini kaga sesuai dengan isi bensinya.

Setelah gue, poyok, adit,kadek, dan andi udah pada kebagian motor kita semua langsung gas untuk cari penginapan disana. Well sebelumnya untuk biaya sewa motor kalian bisa share cost dengan temen yang kalian ajak goncengan, jadi masing – masingnya bisa bayar 25K doang dan khusus untuk gue karena kita ber 5 jadi gue kaga kebagian temen dan harus naik motor sendiri dan untuk biaya pun gue harus bayar full 50K sendiri, tapi kaga masalah karena semua sudah diperhitunngkan dengan matang jadi gue kaga bakal kekurangan duit selama stay disana, jangan lupa juga untuk sisihin biaya bensin buat motor kalian 20K itu udah bisa dipake seharian dah pokonya.

Lanjut lagi ke masalah penginapan, buat kalian yang mau cari penginapan di Nusa Penida kaga usah khawatir, karena disana banyak banget guesthouse,bungalow, ataupun hotel yang berceceran di sepanjang perjalanan. Waktu itu gue dan yang lainya mutusin untuk nyari guest house yang deket dengan pelabuhan dan kaga jauhlah dari keramaian, jadi nanti kalau kita perlu apa – apa kaga perlu susah untuk nyari barangnya.

Harga penginapan disana itu bervarisai tergantung jenis, dan fasilitas yang tersedia di penginapan itu, biasanya untuk guest house dan bungalow itu harganya sekitar 250K – 500K, bahkan konon katanya nih kalau kita mau cari ada loh yang harganya 100K – 200K per malam dan tentunya dengan fasilitas seadanya guys. Jadi waktu itu gue dapet guest house yang lokasinya kaga jauh dari pelabuhan, namayanya Green Palm Home Stay, kalian bisa booking disini ya cuy, dan kebetulan gue dapet harga yang terjangkau nih yaitu 250K permalam, itu sudah include dengan breakfast, dan tentunya kamar yang nyaman dengan air conditioner.

Gue sama yang lain waktu itu nyewa 2 kamar jadi totalnya 500K, naa kalau di bagi berlima kita semua cuman perlu bayar 100K, mantaf banget ya dengan harga segitu kita udah bisa nikmatin fasilitas yang bener – bener nyaman banget. Setelah proses check in selesai kita langsung cabut to explore the island. Sebelum itu yuk kita hitung dulu berapa nih pengeluaran dari awal keberangkatan sampai gue mau cabut untuk explore.

Budget Awal                                    : 500K

Tiket Fast Boat “Bolak – balik”   : 100K

Sewa Motor “1 hari”                       : 50K

Bensin                                               : 20K

Penginapan “1 malam”                  : 100K

TOTAL                                              : 230K

Rumah Pohon Molenteng

Well jadi sisa uang gue masih aman ya, dengan duit segitu itu udah lebih dari cukup untuk explore Nusa Penida, yap tujuan gue hari itu adalah explore 3 tempat yang pemandanganya bener – bener epic banget dah, yaitu : Pantai Atuh, Rumah Pohon Molenteng, dan Pantai Suwehan. Jadi ketiga spot ini sebenarnya masih 1 jalur dan kaga jauh – jauh amat ya jarak antara satu dengan yang lainya. Spot pertama kita langsung cabut ke Rumah Pohon Molenteng , cuman butuh waktu sekitar 1 Jaman untuk menuju spot yang satu ini, di sepanjang perjalanan kalian bakalan liat pemandangan pantai dan bukit yang bener – bener indah banget.

Nah sesampainya di spot pertama , kalian bakalan disuguhkan dengan pemandangan laut yang mantaf dah pokoknya, jadi di Rumah Pohon Molenteng ini ada 2 spot yang kalian bisa kunjungi, yaitu Pemandangan Pulau seribu yang bakalan kalian liat di awal perjalanan, dan Rumah Pohon Molentengnya sendiri, jalan untuk menuju ke kedua spot ini sebenarnya agak susah ya, karena jalanya itu menurun dan sedikit agak terjal, untung saja disana sudah tersedia konstruksi tangga setengah jadi, na kalian kaga perlu takut waktu pergi ke spot yang satu ini.

Di spot pertama kalian bakalan liat pemandangan pulau – pulau kecil yang berjejer kaga rapi – rapi amatlah ya, dan jangan lupa juga kalian bakalan disuguhkan dengan pemandangan teluk dari pantai atuh yang gila kerenya.

This one is really epic

Lanjut lagi setelah kalian menikmati view yang ada di spot pertama dan sudah dapet foto yang instgramable, kalian bisa turun lagi untuk menuju ke Rumah Pohon Molenteng, jadi dari rumah pohon yang satu ini kalian masih disuguhkan dengan pemandangan pulau – pulai kecil yang sama , tapi dengan angle yang berbeda cuy, rumah pohon yang satu ini udah bener – bener terkenal cuy di sosmed jadi jangan sampai kelewatan ya untuk mengunjungi spot yang satu ini.

Gue waktu di Rumah Pohon Molenteng

Setelah puas menikmati pemandangan yang ada disana dan udah dapet ngerampok foto yang lumayan bagus kalau di pos di sosmed, gue sama yang lain langsung memutuskan untuk naik ke atas lagi karena waktu itu , matahari lagi bener – bener di atas kepala jadi panasnya itu membahana uwehehehe, kalian kaga perlu khawatir kalau mau beli minuman dingin ataupun makan untuk mengisi perut, disana juga ada warung loh dan tempatnya it adem bener dah. Gue mutusin untuk ngadem bentar di warung itu sekitar 20 menitan sambil ngatur nafas karena perjalan ke atas itu lumayan ngebuat lutut gemeter uwehehehehe.

Pantai Atuh

Habis istirahat gue langsung cabut ke Pantai Atuh yang letaknya ga begitu jauh dari spot pertama, cukup dengan waktu 15 menit gue udah nyampe di lokasi tujuan, na karena spot yang satu ini pantai, jadi mau ga mau kita harus turun bukit ya, dan jalanya itu agak sedikit susah dibanding dengan jalan yang pertama, untuk menuju ke Pantai Atuh kita harus menuruni ratusan anak tangga di bawah sinar matahari yang lagi terik. Tapi setelah sampai di tempat tujuan apa yang bakalan kita dapet itu bener – bener worth it banget, kalian bakalan ngeliat hamparan pantai dengan pasir putih yang gila kecenya, ditambah lagi air yang ada di Pantai Atuh itu lain kaya air pantai lainya warnanya hijau kebiru biruan dan airnya itu bener – bener seger banget padahal waktu itu panasnya ga kebayang dah.

Tanpa pikir Panjang gue langsung buka baju dan langsung nyebur tuh ke pantai, waktu itu yang turun cuman bertiga, yaitu gue, Kadek, dan Poyok, jadi Adit sama Andi kaga turun karena udah nyerah duluan uewehehehe.

Waktu mantai di Atuh Beach

Gue ngabisin waktu sejam lebih di bawah untuk mandi dan foto – foto, dan setelah itu langsung balik lagi ke atas karena masih ada satu spot lagi yang harus dikunjungi. Sebenernya gue agak nyesel sih mandi, karena setelah itu gue mesti naikin ratusan anak tangga dan kaga kebayang bebanya itu dua kali lipat karena jalanya menanjak, well setelah susah payah naik, akhirnya gue sampai juga di atas, pas banget di atas itu ada warung jadi karena udah siang gue sama yang lain mutusin untuk beli makan siang disana , jadi semunya pesen nasi goreng yang harganya itu bisa dibilang murah yaitu 15K plus extrajos susu biar tambah strong itu 7K jadi, total biaya untuk makan siang itu cuman 22K, plus bayar tiket untuk dua spot Rumah Pohon Molenteng dan Pantai atuh 20K jadi total gue habis cuman 42K.

Habis makan siang kita langsung mutusin untuk cus cabut ke spot selanjutnya yaitu Pantai Suwehan, na pantai yang satu ini letaknya lumayan jauh dari spot yang sebelumnya,untuk mencapai lokasi itu gue butuh waktu sekitar 40 menitan, dan jalan yang gue lalui itu bener – bener ancur parah dah, udah kecil terus jalanya juga rusak. Na pas gue nyampe di tempat tujuan ternyata bener – bener zonk cuy karena kata warga disana waktu itu kondisi pantai lagi kaga bagus , karena lautnya lagi p;asang jadi pantainya kaga ada deh, padahal pantai yang satu ini bener – bener iconic banget dah, karena ada karangyang bentuknya unik di Pantai Suwehan ini dan itu bener – bener instagramable dah, kata warganya sih kita pada kesiangan datengnya makanya airnya pasang, coba kita nyampenya pagi pasti pantainya masih ada dan kita bisa enjoy viewnya deh.

Lelah, Letih,Lesu, dan Lunglai Back to The Hotel

Well no problem, waktu itu gue sama yang lain langsung mutusin untuk balik ke penginapan karena kita semua udah pada lelah,lemah,letih,lesu, dan lain lain yang intinya masih berkaitan dengan kondisi yang lagi ga fit, uwehehehe. Alasan gue milih untuk balik lebih awal itu karena gue dan yang lainya nanti malam mau coba jalan nih nikmatin suasana bar yang ada di Nusa Penida.

Kaga butuh waktu lama untuk sampe di penginapan kalau kaga salah kita nyampe sekitar jam 04.30 PM, dan tanpa pikir panjang gue langsung teller cuy karena saking capenya dan apalagi seharian disenterin sama sinar matahari. Na bagi kalian yang kaga siap item jangan coba coba explore pulau ini tanpa sunblock dan jaket ya, masalahnya gue kemarin explore cuman pake kaos tangklong doang makanya ni kulit gosong semua.

Na malemnya setelah makan malam yang harganya cuman 15K kita langsung menuju ke Full Moon Bar, kita pada mau hang over dulu nih dan bar yang satu ini recommended banget dah buat kalian yang hobi minum alcoholic drink karena minumanya disini lumayan lengkap, mulai dari whiskey, vodka, dan bahkan spirit pun juga ada. Kalian pasti mikir nih gue dan yang lain pasti ngabisin uang banyak untuk beli minuman disana, dan pada kenyataanya gue kaga ngeluarin duit sama sekali untuk beli minuman disana karena salah satu temen gue si Andi yang asalnya dari Nusa Penida punya sepupu yang tinggal disana dan sepupunya ini kenal dengan owner Full Moon Bar ini, jadi waktu kita kesana kita semua udah ditraktir 1 botol Black Label dan plus Vodka, what a life !!! Tapi malu dong masa pergi ke bar kaga belanja sih, dan yap akhirnya gue dan yang lainya mutusin untuk beli French fries yang harganya cuman 15K.

Kita disana sampai tengah malem , dan waktu itu karena muka kita udah pada merah semua , dan yang lain kecuali  gue udah pada smenghong, na smenghong ini kata lain dari “mabuk” ya guys, kita mutusin untuk balik ke penginapan dan beristirahat karena besok kita bakalan pergi ke Crystal Bay !!!

Crystal Bay

Keesokan harinya sekitar jam 9 kita berangkat ke crystal bay dan jarak tempuh dari penginapan ke spot ini Cuman 40 menitan, disepanjang perjalanan lu pada bakal menikmati deretan pohon kelapa yang awesome bener dah, dan kalian juga bisa foto foto disana mumpung lagi di Palm Tree Paradise jadi kaga salahnya.

Pas udah nyampe di crystal bay kita semua langsung mutusin untuk berenang, karena waktu gue disana cukup terbatas, soalnya gue sama yang lain sudah harus ada di pelabuhan itu jam 2, karena keberangkatan kapal yang bakal anterin kita balik ke Bali itu berangkat di jam 3, jadi gue kaga boleh buang-buang waktu.

Crystal Bay ini merupakan salah satu icon destinasi pariwisata yang sudah terkenal di Nusa Penida karena keindahan pantainya, dan pantai yang satu ini sangat terkenal dengan keragaman biota lautnya, itu kenapa Crystal Bay cocok banget di pakai diving ataupun snorkeling. Jadi buat kalian yang mau ke pantai ini, kalian wajib harus coba snorkeling disini, harganya kaga mahal kok cuman 50K doang itu udah lengkap dengan google, life jacket, dan fins. Jangan sampai nyesel nih lu pade karena kaga bisa menikmati keindahan laut yang ada disini.

Crystal Bay, keren bener dah pantainya

Di Crystal Bay kalian juga bisa snorkeling loh, cuman 50K doang

Sailed Home

Gue cuman ngehabisin waktu sejam doang cuy disana, karena harus balik ke plabuhan, habis gue selesai snorkeling gue langsung siap – siap untuk balik ke plabuhan, dan buat lu semua yang bertanya – tanya di Crystal Bay ada tempat gantinya ga sih ? jawabanya ya jelas adalah, jadi kalian bakalan dikenai biaya sekitar 5K untuk buang air dan 10K untuk mandi. Nah setelah gue menikmati keindahan laut yang ada di Crystal Bay gue mutusin untuk langsung cabut biar kaga ketinggalan kapal.

Pada akhirnya gue berhasil sampai tepat waktu, di jam 02.00 PM gue udah nyampe di pelabuhan dan segera setelah itu gue langsung balikin motor ke Pak Dewa Aji, dan masih ada waktu sejam lagi untuk nunggu Fast Boatnya ready untuk berangkat, gue pake waktu luang itu untuk beli es krim, karena waktu itu cuaca di Nusa Penida bener – bener panes banget. Sambil nungguin kapalnya ready gimana kalau kita hitung – hitung uang dulu, kira – kira uang gue tinggal berapa ya.

Uang Di Dompet                         : 230K

Makan Siang + Tiket 2 Spot     : 42K

Makan Malam                             : 15K

French Fries                                : 15K

Tiket Crystal Bay                        : 5K

Snorkeling                                   : 50K

TOTAL                                         : 103K

Na jadi setelah di hitung – hitung, uang gue ternyata masih sisa 103K cuy, dan itu sudah lebih dari cukup untuk pegangan pas gue pulang nantinya. Well setelah gue nunggu si Fast Boatnya ready kurang lebih 1 jam, gue dan yang lain langsung cus balik ke Klungkung. Jadi sekian dulu nih cerita dan review gue waktu liburan ke Nusa Penida dengan budget yang bisa di bilang pas – pasan, buat kalian yang mau coba untuk jalan – jalan murah ke Nusa Penida kalian bisa ajak temen – temen kalian yang lain untuk ikut, makin banyak yang ikut makin murah biaya perjalananya cuy, karena kalian bisa share cost dengan teman – teman kalian, di Nusa Penida banyak banget nih penginapan dan warung makan yang murah – murah, jadi kaga usah khawatir kalau kalian bakalan kehabisan duit disana, yang penting sebelum kalian pergi liburan jangan lupa untuk memperhitungkan segala macam kebutuhan yang nantinya bakal kalian butuhin dari awal perjalanan dan di akhir perjalanan nanti. Jangan lupa baca hal -hal seru yang bisa kalian lakukan di Kota Klungkung juga ya cuy.

Sekian dulu nih cerita dari Heyho Traveler, gue Aditya until next time, see ya !!!

Heyho Traveler
I was born in Jakarta on July 6th 1994 but fully raised in Bali. I am 100% Balinese also work and Live in Bali. I won't die until I've managed travelling around the world. Your freedom is in your hand, don't just waste your time in your goddamn comfortable bed, your life is yours,so own it, enjoy it and be free !!!