Kebun Organik, Solusi Tepat Untuk Tanah Yang Lagi Sariawan

Kebun Organik, Solusi Tepat Untuk Tanah Yang Lagi Sariawan

Heyho Traveler, Ades Conservacation,Conservacation, Sobat Air Ades,Ruteng,Embung Tesa Bela,Embung Cinta,Kabupaten Manggarai,Manggarai Timur,Manggarai Barat, Bea Muring, Tari Caci, Cintai Air Cintai Hidup,NTT, Explore Flores, Suku Manggarai,Konservasi Air, Wonderful Indonesia,Indonesia,Nusa Tenggara Timur, Kebun Organik,Bea Muring

Well Hay!!! Sekedar informasi nih, tanah itu engga semuanya sehat dan subur loh, ada beberapa jenis tanah yang memang tidak layak untuk ditanami dan cenderung kering, kalau kata Heyho Traveler, jenis tanah yang seperti ini adalah tanah yang lagi sariawan, karena biasanya tanah semacam ini teksturenya kering dan pecah – pecah, kaya bibir kita kalau lagi panas dalam uwehehe. Lalu apakah hal semacam ini engga ada solusinya? Ya jelas ada dong, kalau kalian masih ingin menanam atau bertani dengan kondisi tanah yang tidak subur, kalian bisa coba nih untuk bertani dengan konsep Kebun Organik.

Heyho Traveler, Ades Conservacation,Conservacation, Sobat Air Ades,Ruteng,Embung Tesa Bela,Embung Cinta,Kabupaten Manggarai,Manggarai Timur,Manggarai Barat, Bea Muring, Tari Caci, Cintai Air Cintai Hidup,NTT, Explore Flores, Suku Manggarai,Konservasi Air, Wonderful Indonesia,Indonesia,Nusa Tenggara Timur, Kebun Organik,Bea Muring

Sebelum menuju ke Desa Deno,Sobat Air Ades menyempatkan diri untuk mampir ke rumah warga untuk melihat proses pengeringan cengkeh

Jadi solusi ini gue juga baru dapet pas lagi main ke Desa Deno di Bea Muring,NTT dalam program Ades Conservacation. Banyak hal yang bisa gue pelajari disana, salah satunya adalah gue jadi tau hal – hal yang ada kaitanya dengan konservasi dan juga beberpa hal dalam bidang pertanian. Seperti yang kita ketahui,kebanyakan jenis tanah yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah jenis tanah yang cenderung kurang subur atau bahkan tidak subur sama sekali.

PENYEBAB TANAH DI NTT KURANG SUBUR

Bli yang menyebabkan tanah disana kurang subur apaan?

Hmm setau gue nih, tanah disana kurang subur karena kekurangan vitamin C “Cuaca”, curah hujan di NTT sangatlah rendah, bahkan musim hujan disana hanya berlangsung selama 4 bulan dalam setahun yang biasanya dimulai pada bulan November hingga Februari. Itu artinya Provinsi Nusa Tenggara Timur pasti akan mengalami musim kemarau yang lebih panjang,biasanya akan berlangsung sampai dengan 7 bulan, dalam kasus yang lebih ekstrim musim kemarau bisa berlangsung hingga 8 bulan cuy, sadis ya!!! Na itu salah satu penyebab kenapa tanah di Desa Deno,Manggarai timur juga kurang subur.

Heyho Traveler, Ades Conservacation,Conservacation, Sobat Air Ades,Ruteng,Embung Tesa Bela,Embung Cinta,Kabupaten Manggarai,Manggarai Timur,Manggarai Barat, Bea Muring, Tari Caci, Cintai Air Cintai Hidup,NTT, Explore Flores, Suku Manggarai,Konservasi Air, Wonderful Indonesia,Indonesia,Nusa Tenggara Timur, Kebun Organik,Bea Muring

Satu hal lagi yang menjadi fakor penyebab tanah disina keseringan sariawan, yaitu karena kekurangan vitamin G “Geografis”, yaps factor geografis juga menjadi alasan kenapa tanah di NTT engga subur, kebanyakan pulau – pulau besar di NTT seperti flores,Sumba,Alor, dan Timor konturnya berbukit dengan tanah yang bercampur dengan kapur, sehingga menyebabkan tekstur tanahnya cenderung keras,bahkan ada beberapa jenis tanah disana yang sudah bercampur dengan batu solid, sehingga mustahil untuk ditanami tumbuhan karena akar tumbuhan itu nantinya tidak akan mampu untuk menembus lapisan tanah lebih dalam lagi untuk mencari unsur hara.

ABOUT KEBUN ORGANIK

Di Desa Deno jenis tanahnya juga engga subur, namun seorang Pejuang Air Ades bernama Romo Marsel berhasil menemukan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Kata beliau agar warga setempat bisa tetap bertani dengan kondisi tanah yang kurang menguntungkan, maka digagaslah konsep Kebun Organik. Kebun Organik ini merupakan konsep bertani yang mengutamakan penggunaan bahan – bahan alami untuk pembuatan pupuk dan juga keperluan lainya.

Heyho Traveler, Ades Conservacation,Conservacation, Sobat Air Ades,Ruteng,Embung Tesa Bela,Embung Cinta,Kabupaten Manggarai,Manggarai Timur,Manggarai Barat, Bea Muring, Tari Caci, Cintai Air Cintai Hidup,NTT, Explore Flores, Suku Manggarai,Konservasi Air, Wonderful Indonesia,Indonesia,Nusa Tenggara Timur, Kebun Organik,Bea Muring

Heyho Traveler, Ades Conservacation,Conservacation, Sobat Air Ades,Ruteng,Embung Tesa Bela,Embung Cinta,Kabupaten Manggarai,Manggarai Timur,Manggarai Barat, Bea Muring, Tari Caci, Cintai Air Cintai Hidup,NTT, Explore Flores, Suku Manggarai,Konservasi Air, Wonderful Indonesia,Indonesia,Nusa Tenggara Timur, Kebun Organik,Bea Muring

Tuh liat tanahnya kering banget kan,hhmmm

Pak Agus yang merupakan Koordinator Program Coca Cola Foundation Indonesia juga membenarkan hal tersebut, kata beliau untuk mengatasi permasalahan tanah yang kurang subur,penggunaan bahan – bahan organic dalam bertani bisa menjadi solusinya, seperti contoh dalam hal pembuatan pupuk, penggunaan Pupuk Organik pada tanaman yang ditanam di tanah yang tidak subur seiring berjalanya waktu akan memperkaya tanah tersebut dengan unsur – unsur hara yang dibutuhkan tumbuhan agar bisa tumbuh dengan baik. Sebaliknya penggunaan pupuk anorganik pada tanah yang kurang subur tidak disarankan, karena akan semakin memiskinkan tanah, dan membuat sariawanya semakin melebar, kalau udah gini kan tanah mau minum dan makan jadi susah, uwehehehe.

KELOMPOK TANI DESA DENO

Untuk para petani di Desa Deno biasanya sudah tergabung dalam Kelompok Tani.Di Kebun Organik ini sendiri juga ada loh kelompok taninya. Kelompok Tani sangatlah bermanfaat bagi para petani untuk menyelesaikan permasalahan yang terkadang tidak bisa diselesaikan seorang diri, seperti contoh : Kebutuhan tenaga pada saat musim panen, dan juga pemasaran hasil panen.

Heyho Traveler, Ades Conservacation,Conservacation, Sobat Air Ades,Ruteng,Embung Tesa Bela,Embung Cinta,Kabupaten Manggarai,Manggarai Timur,Manggarai Barat, Bea Muring, Tari Caci, Cintai Air Cintai Hidup,NTT, Explore Flores, Suku Manggarai,Konservasi Air, Wonderful Indonesia,Indonesia,Nusa Tenggara Timur, Kebun Organik,Bea Muring

Penjelasan Romo Marsel berkaitan dengan Kebun Organik, dan juga kondisi tanah yang kering di Bea Muring

Bli kalau mereka mau beli pupuk, belinya dimana?

Yang pasti bukan di apotik mawar,uwehehe. Mereka beli pupuknya di Kelompok Ternak yang juga ada di Desa Deno, jadi mereka engga perlu jauh – jauh keluar daerah untuk beli pupuk kompos cuy. Pupuk kompos disini 100 persen organic karena tidak mengandung bahan kimia sama sekali, dan biasanya mereka membuat pupuk kompos ini dari olahan kotoran hewan ternak seperti Sapi,Babi,Kambing,Landak,Landak Laut,Landak Api, dan juga Landak Thunder.

Wew, emang beneran ada species landak beginian Bli?

Ya lu pikir aja sendiri uwehehe.Problem solved,untuk masalah menanam di tanah yang tidak subur. But, warga desa setempat masih menghadapi satu masalah lagi nih yang sampai sekarang belum bisa terselesaikan, yaitu keterbatasan air untuk keperluan pertanian dan juga kebutuhan sehari – hari. Yap mau sesubur apapun tanahnya kalau engga ada air ya gimana caranya mereka mau bertani cuy? Hhm, mungkin karena orang orang diatas sana yang lagi asik ngurusin berita – berita hoax, jadi lupa deh kalau mereka punya tugas yang lebih penting di daerahnya. Gue masih bertanya – tanya nih sebenarnya warga desa disini sadar engga ya kalau mereka punya perwakilan di Daerah dan Juga Pusat sebagai perpanjangan tangan untuk menyampaikan permasalahan – permasalahan semcam ini ke pemerintah, atau mungkin mereka sadar tapi sudah bosan menunggu, karena wakil mereka hanya datang pada saat kampanye saja, dan setelah itu hilang bagaikan bolot yang dikeruk pas lagi luluran.Uwehehehe. Gue Aditya, until next time, see ya!!!

Follow me on:

Instagram : heyho_traveler |Twitter : @Heyho_Traveler

Reach Me Through :

Email : adityanegara87@gmail.com |Text/Phone : 082247986577

Don’t forget to like my Fans Page on Facebook : Heyho Traveler

Heyho Traveler
Heyho Traveler
I was born in Jakarta on July 6th 1994 but fully raised in Bali. I am 100% Balinese also work and Live in Bali. I won't die until I've managed travelling around the world. Your freedom is in your hand, don't just waste your time in your goddamn comfortable bed, your life is yours,so own it, enjoy it and be free !!!