7 Hal Keren Yang Harus Kalian Coba di Labuan Bajo

7 Hal Keren Yang Harus Kalian Coba di Labuan Bajo

Labuan Bajo,Flores,Pulau Padar,Komodo National Park, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Well Hay!!! Makan soto campur kacang ijo, yuk main ke Labuan Bajo!!! Asek, ok that’s the best rhyme that I got, it sounds like shit isn’t it? Uwehehe, bicara soal kota kecil di ujung barat Pulau Flores ini engga bakalan ada habisnya cuy, dulunya Labuan Bajo hanya merupakan sebuah kelurahan biasa yang terletak di Kabupaten Manggarai Barat, kondisinya pun sama dengan wilayah lain yang ada di Nusa Tenggara Timur, emang kondisinya kaya gimana bli? Well, bisa di bilang kebanyakan daerah di NTT itu belum tersentuh pembangunan cuy, engga kaya di Jawa ataupun Bali yang sampai saat ini pembangunan disana sedang gencar – gencarnya di NTT mau cari air dan listrik aja susah apalagi kalau mau cari jodoh,uwehehe. Terutama bagi mereka yang hidup di desa – desa hal tadi menjadi masalah yang masih belum bisa ditanggulangi dengan maksimal, miris ya? Ya kita tau sendirlah, pemerintah kita mah gitu, kalau ada daerah yang punya potensi baru deh di boost pembangunanya, giliran daerah itu engga menyumbang cukup banyak dana ke Pemerintah Pusat, ya sudah di abaikan begitu saja, udah Jawa & Bali di stop dululah pembangunanya coba fokus ke daerah – daerah lain yang pembangunanya masih kurang gitu, contoh kaya di Papua & NTT serta daerah – daerah lainya yang ada di Indonesia. Okay cukup dulu mengumpatnya, Nasib berbeda di alami oleh Labuan Bajo, semenjak berbagai macam social media platform mulai bermunculuan, Labuan Bajo mulai terekspose oleh dunia luar, sampai pada akhirnya kota pelabuhan ini kini menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler bagi wisatawan local maupun mancanegara, dan berikut adalah 7 hal super keren yang harus kalian coba di Labuan Bajo, check it out!!!

NYUNSET ASIK DI BUKIT CINTA

Yap lokasi bukit yang satu ini engga jauh dari pusat kota Labuan Bajo, lu cuman perlu waktu sekitar 25 menitan untuk sampai ke Bukit Cinta, seperti namanya bukit ini memang biasa digunakan untuk bercinta cuy.  Busyet ini beneran bisa di pake bercinta bli? Bercinta yang making love wik uwik wik wik uh oh ah weleh weleh crot itu kan yak?

Labuan Bajo,Flores,Pulau Padar,Komodo National Park, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

 

Asem, bukan cuy, ini mah bercinta dalam artian positif, jadi karena banyak remaja setempat yang dateng kesini buat pacaran atau cuman sekedar hang out dan menikmati sunset di sore hari itu kenapa bukit ini di kasi nama Bukit Cinta. Tong tong punya otak di sapu dikit napa biara bawaanya kaga ngeres mulu.  Cocok lu gabung gangnya si Brizieq, itung – itung lu bisa dapet skill chat mesum kan, uwehehe.

MELIHAT FOSIL BIOTA LAUT DI GUA BATU CERMIN

Sama halnya seperti Bukit Cinta, letak objek wisata yang satu ini juga engga terlalu jauh dari pusat Kota Labuan Bajo, cuman 4 KM doang cuy, ya kalian bisa kesini dalam waktu kurang dari 30 menit, apalagi kalau lu naik ojek, behh tambah cepet lagi nyampe kesininya.

Labuan Bajo,Flores,Pulau Padar,Komodo National Park, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Yap Gua Batu Cermin ditemukan oleh seorang pastur yang juga sekaligus seorang arkeolog berkebangsaan Belanda, di tahun 1951 Theodore Verhoven menemukan gua unik yang satu ini, katanya nih ribuan tahun yang lalu Pulau Flores terletak di dasar laut sampai pada akhirnya terangkat ke permukaan karena aktifitas tektonik, bukan terangkat kepermukaan dan viral karena ikut program D Akademi atau Rumah Kuya ya cuy. Na itu kenapa disini kalian bisa melihat fosil dari satwa – satwa laut yang dulunya hidup di gua ini cuy, karena Gua Batu Cermin dulunya juga terletak di dasar laut, tapi kalau kamu cukup ada di dasar hatiku aja ya, asek.

Selain fosil hewan laut, kalau lagi beruntung nih lu juga bisa liat cahaya yang masuk dari lubang yang ada di atap gua, na cahaya ini biasanya bakalan mantul – mantul gitu di dinding gua, na itu kenapa tempat ini dinamakan gua batu cermin, gimana ngerti engga dengan penjelasan gue? Engga ya? Gue juga bingung sama penjelasan gue sendiri uwehehe.

TREKKING KE PUNCAK PULAU PADAR

One of the most dazzling view in the world, yap kalian bisa menikmati pemandangan super keren yang dimiliki Pulau Padar hanya dengan cara trekking ke puncaknya cuy, untuk menikmati sesuatu yang indah itu bukanya butuh perjuangan? Na sama kalau kalian mau ngeliat salah satu view terkeren yang ada di dunia yang ada di Padar, kalian kudu berjuang dulu.

Waktu yang paling pas berkunjung ke pulau ini adalah pada saat pagi hari cuy, saat – saat dimana lu masih pingin tidur, terus kebelet boker jadi harus bangun dan mandi tapi si “Black Joe”  masih belum mau keluar jadi terpaksa harus di pending dulu ritualnya, terus prepare untuk mendaki ke Pulau Padar pas muka lagi sepet – sepetnya. Yap that’s what happened to me during my last trip in Pulau Padar. By the way, Black Joe itu apaan bli? Itu nama kesayangan buat tinja gue.

Labuan Bajo,Flores,Pulau Padar,Komodo National Park, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Tapi jangan nyerah dulu cuy, karena setelah lu sampai di puncaknya, dijamin lu bakal melongo dah ngeliat pemandangan super keren dari atas pulau padar, apalagi pas sunrise beh tambah keren lagi dah pastinya, na buat kalian yang mau ke Pulau Padar gue saranin ambil sunrise trekking aja ya, selain engga panas karena mataharinya belum tinggi, kalau mau ambil foto juga jadinya lebih bagus cuy.

SNORKELING DI PANTAI MELON

Di sisi lain Pulau Padar terdapat sebuah pantai yang super keren, namanya Pantai Melon, menurut gue selama gue main ke Labuan Bajo, pantai ini yang paling indah, airnya itu super jernih, ombaknya kecil jadi nyaman di pake berenang atau snorkeling, satu lagi hal spesial yang dimiliki pantai ini, yaitu pasirnya yang berwarna pink, bahkan jauh lebih pink dari Pink Beach yang letaknya juga di salah satu pulau di Komodo National Park.

Labuan Bajo,Flores,Pulau Padar,Komodo National Park, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Tapi di foto yang gue pake ini,pinknya engga keliatan cuy, karena mataharinya waktu itu udah tinggi, jadi kudu di edit dulu biar keliatan pinknya, dan gue males kalau harus edit foto lagi, uwehehe. Walaupun letaknya masih di Pulau Padar, kita engga bisa trekking ke pantai ini karena treknya sendiri belum ada, jadi kita harus pake kapal kesananya.

MEET UP WITH KOMODO DI PULAU RINCA DAN PULAU KOMODO

Sebenernya lu engga mesti berkunjung ke kedua pulau ini sekaligus, karena di kedua pulau ini sama sama ada Komodonya, populasi Komodonya juga sama sama banyak jadi lu bisa pilih salah satu dari kedua pulau ini. Na pertama kali gue ke Taman National Komodo gue udah sempet ke Rinca, na kedua kalinya gue kesini baru deh gue sempet berkunjung ke Pulau Komodo.

Bli Komodo itu apaan?

Hhmm apa ya, itu lo odol anak – anak yang dulu sering muncul di iklan. Sempak Dajal!!!

Labuan Bajo,Flores,Pulau Padar,Komodo National Park, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Well, sebagai Warga Negara Indonesia yang baik kita wajib tau satwa – satwa apa aja yang ada di Negara kita ini cuy, jangan taunya ikutan demo yang berjilid jilid kaga ada habisnya itu, apa sih namanya? 212 yak? Ni nomor kalau di pasang togel tembus kali yak, uwehehe, sampah. Atau layaknya sel kangker ya,karena species mereka ini merongrong persatuan dan kesatuan NKRI.

Balik lagi ke Komodo, komodo ini merupakan jenis kadal terbesar di dunia cuy, mereka bisa tumbuh sampai dengan 3 meter panjangnya, dan larinya lumayan cepet, kecepatanya mencapai 20 Km per jam cuy. Widih, bisa dibilang ini versi awakeningnya biawak sawah,uwehehe. Satu hal yang harus kalian ketahui tentang Komodo, sebenarnya mereka engga punya racun atau bisa di mulutunya, melainkan di dalam mulutnya terdapat ribuan bakteri berbahaya yang membantu mereka untuk berburu, jadi bakteri ini sifatnya menginfeksi luka bekas gigitan komodo pada korbanya,sehingga korbanya mengalami pendarahan parah sampai pada akhirnya mereka mati kehabisan darah, baru deh si Komodo ini bisa memangsa korbanya. I wish I could have thousands of bacteria in my mouth.

MANJATIN PULAU KELOR

Sama halnya seperti Pulau Padar, Pulau Kelor juga memiliki view yang engga kalah menarik jika dinikmati dari atas bukitnya, naik ke bukit yang ada di Kelor engga butuh waktu lama cuy karena bukitnya engga terlalu tinggi, jadi saran gue sih setelah lu sampe di Pulau Kelor lu bisa explore bukitnya dulu segera setelah itu baru deh lu main di pantainya, terserah mau main pasir, main air, atau mau mainin anak orang juga boleh uwehehe.

Labuan Bajo,Flores,Pulau Padar,Komodo National Park, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Di Pulau Kelor kalian juga bisa snorkelingloh, tapi kalau kata gue sih spot snorkeling yang bagus itu ya di Pantai Melon, bukan disini, tapi kalau kalian mau coba snorkeling disini mah juga engga masalah cuy. Biasanya Pulau Kelor akan dijadikan destinasi terakhir kalau kalin lagi sailing trip atau living on board selama beberapa hari.

LIVING ON BOARD BERSAMA PLATARAN PRIVATE CRUISE

Semua destinasi di atas bisa lu explore pake Plataran Cruise cuy, Plataran Cruise merupakan Kapal Phinisi yang disulap menjadi Cruise Ship dan di manage oleh Plataran Resort, kemarin waktu gue ke Labuan Bajo bareng Jurnal Indoensia Kaya, gue stay di di kapal ini selama 3 hari 2 malam. Explore Komodo National Park pake kapal ini bisa jadi pengalaman yang engga terlupakan, mulai dari fasilitasnya yang lengkap seperti, kamar deng AC yang pastinya super nyaman, kamar mandi lengkap dengat fasilitas shower air hangatnya, dan juga service dari crew kapalnya yang super mantap, dan satu lagi hal yang engga terlupakan, yaitu makanan yang super enak selama gue living on board disini, beh sampe sekarang sisa makananya masih gue simpen di selah selah gigi graham gue,saking enaknya,uwehehehe.

dijamin kalau lu living on board di Plataran Cruise lu bakalan merasakan sensai tinggal di hotel, ya walaupun sebenarnya kalian sedang terombang ambing di tengah laut, uwehehe. Let’s sail in style with Plataran Private Cruise!!! This trip was made posible by Jurnal Indonesia Kaya, Plataran Resorts, & Tokio Marine.

SAIL IN STYLE & BOOK YOUR AWESOME PRIVATE CRUISE : 

www.plataran.com

Follow me on:

Instagram: heyho_traveler |Twitter: @Heyho_Traveler

Reach Me Through:

Email: hayheyho.traveler@gmail.com |Text/Phone: 082247986577

Don’t forget to like my Fans Page on Facebook: Heyho Traveler

Heyho Traveler
Heyho Traveler
I was born in Jakarta on July 6th 1994 but fully raised in Bali. I am 100% Balinese also work and Live in Bali. I won't die until I've managed travelling around the world. Your freedom is in your hand, don't just waste your time in your goddamn comfortable bed, your life is yours,so own it, enjoy it and be free !!!