10 Destinasi Super Keren di Bali

10 Destinasi Super Keren di Bali

Klungkung, Tukad Unda

Well hay!!! Bali, Bali, Bali, nama sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah timur Pulau Jawa ini selalu muncul di benak para wisatawan ketika musim liburan telah tiba. Pulau Bali, adalah sebuah pulau yang merupakan bagian dari gugusan kepulauan Sunda Kecil bersama pulau Lombok,Flores, dan pulau – pulau kecil lainya di provinsi NTB dan juga NTT, jika berbicara tentang Bali yang pertama kali muncul di benak kita adalah, pantai pasir putihnya yang super keren, namun di Bali bukan hanya sekedar pantainya saja yang hingga kini selalu menarik wisatawan domestic maupun mancanegara untuk tetap berkunjung. Budaya,adat istiadat, keindahan alam, dan ramahnya penduduk loKal beracampur menjadi satu paket lengkap bagi para wisatawan ketika berkunjung ke Bali, The Island of Gods. Yap itulah yang ditawarkan Bali sebagai salah satu destinasi terfavorit di dunia, setiap saat berkunjung ke Bali pasti ada hal atau objek wisata baru yang harus ditambahkan ke bucket list kita, dan berikut adalah 10 Destinasi Super Keren di Bali yang engga boleh kalian lewatkan ketika berkunjung ke Pulau Seribu Pura ini, check it out!!!

AIR TERJUN NUNG NUNG

Air Terjun Nung Nung atau Nung Nung Waterfall, terletak di Desa Plaga,Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, 35 Km dari Kota Denpasar. Air terjun ini merupakan salah satu air terjun tertinggi yang ada di Bali, dengan tinggi hingga 900 meter di atas permukaan laut, Air Terjun Nung Nung menawarkan sensasi petualangan alam yang berbeda.

Nungnung Waterfall, Banyumala Waterfall, Bali

Hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit dari Denpasar atau 1 jam 10 menit jika kalian memulai perjalanan dari Ubud untuk menuju ke air terjun ini. Segera setalah sampai di tempat parkir, persiapkanlah fisik kalian untuk melewati ratusan anak tangga sebelum kalian bisa menikmati keindahan Air Terjun Nung Nung. Karena letaknya yang berada di tengah – tengah lembah, udara di sekitar sana sangatlah sejuk, cocok buat kalian yang lagi pingin refresh dan kabur dari udara yang penuh dengan polusi di perkotaan. Bagaimana dengan tiket masuk ke objek wisata ini?  Well, harga tiket masuknya sangatlah terjangkau, cukup dengan membayar Rp. 7.500 per orang, kalian sudah bisa menjelajah keindahan alam yang ada disana, jangan lupa bawa baju ganti ya, karena sudah dipastikan baju yang kalian gunakan akan basah terkenah water splash dari air terjun ini, mengingat posisinya yang sangat tinggi maka tidak heran cipratan air yang dihasilkan sangatlahlah banyak, basah kuyup sudah jadi hal yang pasti kita alami jika berkunjung ke Air Terjun Nung Nung.

KERTHA GOSA

Wisata Budaya dan Alam memang menjadi primadona bagi para wisatawan yang berkunjung ke Bali, lalu bagaimana dengan wisata sejarahnya? Well, berwisata sejarah di Bali juga engga kalah seru loh, salah satu objek wisata bersejarah yang wajib kalian kunjungi adalah Kertha Gosa.Objek wisata ini terletak di tengah – tengah Kota Klungkung, letaknya yang strategis karena dekat dengan Pasar Tradisional Klungkung yang terkenal dengan produk kain tradisional Khas Bali, dan juga dekat dengan pertokoan, monumen puputan klungkung,serta pusat pemerintahan Kabupaten Klungkung, membuat Kertha Gosa menjadi salah satu objek wisata favorit para wisatawan yang berkunjung ke Bali.

Bali, Klungkung, Kertha Gosa, Perempatan Agung, Nusa Penida

Dulunya Kertha Gosa merupakan taman yang menjadi bagian dari Istana Kerajaan Klungkung, di tempat ini pernah terjadi Perang Puputan Klungkung di tahun 1908. Pihak yang berkonflik di Perang ini adalah Belanda dan Pasukan Kerajaan Klungkung, Perang Puputan merupakan cara terakhir bagi kebanyakaan kerajaan di Bali untuk menyelesaikan suatu masalah dengan pihak luar, Perang Puputan atau perang habis – habisan ini sangatlah terkenal karena melibatkan seluruh elemen masyarakat termasuk perempuan dan juga anak – anak yang ingin ikut berjuang. Bahkan sang Raja beserta Putra Mahkota Kerajaan Klungkung yang masih kecil juga ikut gugur dalam pertempuran tersebut. Ingin tau bagaimana sejarah Perang Puputan Klungkung lebih dalam lagi? Yuk main ke Kertha Gosa, karena kalian bisa langsung mempelajari sejarahnya di Museum yang masih menjadi bagian dari objek wisata ini, uwehehehe.

PANTAI NUNGGALAN

Pantai – pantai seperti pantai Kuta,Seminyak dan juga pantai Sanur sudah sangat akrab terdengar di telinga para wisatawan karena memang keindahan pantai – pantai ini super keren, tapi kira – kira di Bali ada engga ya pantai yang masih tersembunyi dan jauh dari keramaian wisatawan? Yap, tentu ada dong, kalau kalian ingin berkunjung ke pantai – pantai yang masih sepi dan tersembunyI namun keindahanya juga engga kalah keren, kalian bisa main ke pantai yang ada di daerah selatan Bali, tepatnya di daerah Jimbaran dan juga Uluwatu, banyak pantai yang memiliki keindahan super keren plus dengan world class surfing spot -nya, salah satunya adalah Pantai Nunggalan.

Pantai Nunggalan, Nunggalan Beach, Pantai Nyang - nyang, Nyang - nyang beach

Pantai Nunggalan terletak di Desa Pecatu, Uluwatu. Pantai ini masih benar – benar alami karena belum tersentuh pembangunan seperti kebanyakan pantai di Bali, satu – satunya cara untuk menemukan pantai ini adalah dengan menggunakan google map atau aplikasi navigasi lainya, dan kalian juga harus tanya ke warga sekitar karena belum ada petunjuk jalan untuk menuju ke pantai ini. Untuk menikmati sesuatu yang indah itu butuh perjuangan bukan?, begitu juga kalau kalian ingin menikmati keindahan pantai yang satu ini, karena letaknya di bawah tebing yang lumayan tinggi, kalian harus menyusuri tebing tersebut sebelum bisa sampai ke Pantai Nunggalan,jadi persiapkan fisik dan mental ya, dan inget istirahat yang cukup di H-1 sebelum kalian berangkat, uwehehe.

CRYSTAL BAY

Masih dengan objek wisata pantai nih, na kali ini objek wisatanya engga terletak di dataran utama Pulau Bali, ada yang kenal dengan Nusa Penida? Pastinya dong, pulau Nusa Penida mrupakan pulau terbesar di antara 2 pulau nusa lainya, yaitu Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Crystal Bay sendiri terletak di pulau Nusa Penida, jadi untuk menuju ketempat ini kalian harus menyebrangi lautan dulu nih sekitar 25 – 30 menit.

Bali, Nusa Penida, Klungkung, Atuh Beach, Klingking Beach, Rumah Pohon Molenteng, Crystal Bay

Na kalian bisa menggunakan fast boat untuk menuju kesini, mulailah perjalanan kalian dari pelabuhan Sanur di pagi hari, harga tiket fast boat nya sekitar Rp. 70.000 – Rp. 80.000 tergantung perusahaan penyebranganya, dan harga itu untuk one way ya, kalau return tinggal di kali 2 aja,hehehe.

Crystal Bay merupakan salah satu objek wisata pantai terfavorit di Nusa Penida, disni kalian bisa snorkeling sepuasnya dengan hanya membayar sekitar Rp. 50.000 itu sudah lengkap dengan Snorkel, life Vest, dan juga Fins. Gimana asik kan? Kalau engga suka berenang kalian bisa nongkrong santai di beach bar yang ada disepanjang pantai Crystal Bay. Na kalau ke Penida belum lengkap rasanya jika belum berkunjung kesini.

PURA LEMPUYANG

Pura Lempuyang merupakan pura suci yang disakralkan oleh Masyarakat Bali, bahkan semua pura di Bali adalah tempat suci dan sekaligus menjadi tempat ibadah oleh Umat Hindu Bali. Seperti layaknya Pura Besakih, Pura Lempuyang merupakan sebuah Pura bersejarah yang sudah dibangun ratusan tahun lalu. Agar bisa berkunjung ke Pura ini kalian tidak boleh menggunakan busana yang sembarangan, seperti kebanyakan tempat suci lainya di Bali, untuk masuk kesini kalian harus menggukanan Kamen dan Selendang, jika kalian punya kedua atribut ini kalian bisa bawa langsung dari rumah, namun jika tidak ada, disana sudah ada tempat penyewaan Kamen dan Juga Selendang, cukup dengan membayar sebesar Rp. 10.000 kalian sudah bisa masuk ke Pura Lempuyang lengkap dengan kamen dan juga selendangnya.

Pura Lempuyang, Lempuyang Temple, Bali, Karangasem, World Traveler, Ubud,Wonderful Indonesia, Seminyak, Canggu, Bali Living

So this is why the temple is nick named as The Gateway To Heaven

Pura Lempuyang menawarkan keindahan pemandangan Gunung Agung sebagai latar belakang dari magisnya aura pura yang ada disini. Kalian bisa berfoto di tengah – tengah gapura yang ada disana untuk mendapatkan foto yang instagramable  dan juga hits, semenjak ramai di instagram, Pura Lempuyang kini kerap dikunjungi oleh wisatawan, jika kalian ingin berkunjung ke Pura ini, disarankan agar datang di pagi hari, untuk menghindari ramainya wisatawan yang berkunjung kesini.

DESA PINGGAN

Kali ini kita menuju ke salah satu daerah pegunungan yang ada di Bali, yaitu Desa Pinggan. Desa Pinggan juga terkenal dengan nama negeri di atas awan, karena biasanya di pagi hari terdapat kabut yang sangat tebal di Desa Ini, itu sekaligus menjadi salah satu faktor kenapa banyak traveler dan juga photographer yang datang ke Desa Pinggan untuk mengabadikan keindahan negeri di atas awan ini.

Indonesia, Bali, Gunung Batur, Kertha Gosa, Nung Nung Waterfall, Bukit Asah, Nunggalan Beach, Balangan Beach, Desa Pinggan, Crystal Bay, Molenteng Tree House, Lempuyang Temple,Nusa Penida

Desa Pinggan terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, letaknya yang tidak jauh dari Objek Wisata Kaldera Gunung Batur membuat Desa Pinggan kini menjadi destinasi idaman bagi para wisatawan, disini kalian bisa menikmati sejuknya udara pegunungan, mau lebih seru lagi ? Kalian bisa bawa tenda dan camping disni, tapi diusahakan kalian datangnya H-1 ya mengingat camping groundnya tidak terlalu lebar, buat jaga – jaga aja sih syapa tau nanti kalian engga kebagian space, uwehehe.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Desa Pinggan adalah di Pagi Buta, kalian engga mau kan melewati momen – momen berharga disaat kabut dan sunrise muncul berbarengan, dijamin dah photo yang kalian abadikan disini akan menjadi super keren, tapi balik lagi sih ke skill photography dan juga editing masing – masing.

BUKIT ASAH

Bicara soal Camping Ground, kalau menurut gue nih, Bukit Asah merupakan spot camping terkeren yang ada di Bali, ya setidaknya untuk saat ini ya, uwehehe. Kenapa? Karena Bukit Asah menawarkan begitu banyak hal super keren yang sayang kalian lewatkan kalau lagi main di Bali, keindahan pemandangan Pulau Paus, Pasir Putih dari Virgin Beach, dan juga tenda yang super nyaman, yang juga sudah disediakan di tempat ini, jadi kalian tinggal bawa badan aja sih kesini, na hal – hal tadi wajib kalian coba kalau lagi main kesini.

Indonesia, Bali, Gunung Batur, Kertha Gosa, Nung Nung Waterfall, Bukit Asah, Nunggalan Beach, Balangan Beach, Desa Pinggan, Crystal Bay, Molenteng Tree House, Lempuyang Temple,Nusa Penida

Well, waktu terbaik mengunjungi Bukit Asah adalah ketika musim kering, disepanjang bulan Juni – Oktober, engga asik kan kita camping sambil hujan – hujanan? Yap, selain camping kalian juga bisa menikmati keindahan Virgin Beach atau orang local sering bilang White Sand Beach. Kalian hanya perlu membayar Rp. 5.000 per orang, untuk tendanya kalian bisa sewa seharga Rp. 80.000 untuk kapasitas 4 orang, dan Rp. 300.000 untuk kapasitas 8 orang, fasilitas yang disediakan adalah, kursi, lampu di dalam tenda, kayu bakar, dan juga colokan untuk ngecharge hanphone kalian uwehehe, gimana dengan toiletnya? Well toilet disini sudah sangat bagus, dan buat kalian yang sering laper, disini juga ada kafe kecil loh,kali aja kalian mau beli makanan, kalian bisa beli disana deh, uwehehe.

PANTAI BALANGAN

Sering dikenal dengan nama Balangan Beach, pantai ini letaknya engga jauh dari pantai Nunggalan, karena sama – sama terletak di selatan Pulau Bali. Pantai ini merupakan salah satu spot Pra Wed terfavorit di Bali, kalau sudah musim nikah nih biasanya pantai ini ramai dengan pasangan – pasang yang ingin mengabadikan momen indah sebelum mereka menikah, buat kalian yang mau nikah boleh nih tempat ini dijadikan spot photo kalian, uwehehe.

Balangan Beach, Pantai Balangan, Jimbaran, Uluwatu

Pantai Balangan memiliki keindahan pantai yang luar biasa, apalagi jika kalian menikmatinya dari atas tebing yang ada disini, tapi harus inget juga karena kalian harus berhati – hati jika berdiri atau duduk pinggir tebing ini. Pantai Balangan juga sering digunakan sebagai surfing spot oleh para wisatawan, engga heran kan dengan keindahan pantai plus dengan world clas surfing spotnya, pantai ini engga pernah sepi pengunjung setiap harinya.

RUMAH POHON MOLENTENG

Objek wisata super keren lainya yang terletak di Pulau Nusa Penida adalah Rumah Pohon Molenteng, rumah pohon super kece ini sudah sejak lama menjadi destinasi favorit para wisatawan jika berkunjung ke Nusa Penida, yang istimewa dari rumah pohon ini bukanlah bangunanya, melainkan pemandanganya, yap disini kalian juga bisa menginap dengan hanya membayar sekitar Rp. 300.000 permalamnya, dengan begitu keesokan harinya kalian bisa menikmati indahnya sunrise dari Rumah Pohon Molenteng ini,lalu bagaimana dengan tiket masuknya? Tenang kalian hanya perlu membayar sebesar Rp. 10.000 untuk tiket masuk dan Rp.5000 untuk biaya parkirnya.

Molenteng Tree House, Nusa Penida

Letaknya yang berada di bawah tebing membuat perjalan menuju ke lokasi objek wisata ini lumayan menantang, kalian harus berhati – hati ketika menuruni anak tangga, mengingat medanya yang lumayan curam. Dari rumah Pohon Molenteng kalian bisa menikmati indahnya pemandangan Pantai Atuh dengan jelas, segera setelah selesai mengunjungi objek wisata ini, kalian bisa langsung menuju ke Pantai Atuh yang letaknya tidak jauh dari Rumah Pohon Molenteng, happy exploring!!!

GUNUNG BATUR

Yap, engga seperti kebanyakan gunung lainya, Gunung Batur sebenarnya sangat mudah untuk di daki, apalagi bagi mereka yang sudah sering mendaki gunung – gunung yang lebih tinggi. Tinggi Gunung Batur hanya 1.717 meter, kita hanya butuh waktu sekitar 2 jam untuk mendaki hingga ke puncaknya.

Biasanya pendakian akan di mulau di jam 02.30 atau jam 03.00 di pagi hari, dengan begitu kalian tidak akan melewatkan one of the most beautiful sunrise in the world  yang bisa kalian nikmati dari atas Gunung Batur. Namun tidak disarankan kalian mendaki gunung ini ketika musim hujan, karena kesempatan kalian untuk melihat sunrise menjadi sangat kecil, karena biasanya pandangan kalian akan tertutup oleh kabut dan awan mendung yang sangat tebal. Kalau main ke Bali belum lengkap dah rasanya kalau belum mendaki Gunung Batur, uwehehe.

Yap jadi itu tadi 10 Objek Wisata yang wajib kalian kunjungi kalau lagi main di Bali, menurut gue, pengamalan exploring Bali yang paling seru itu waktu explore Pulau Nusa Penida, karena tidak seperti wilayah Bali lainya yang sudah ramai pengunjung, Pulau Nusa Penida masih adem dan kunjungan wisatawanya juga engga begitu ramai, jadi nyaman dah kalau kita explore pulau yang satu ini, tapi itu semua balik lagi kan ke selera masing – masing, na kalau kalian gimana? Yuk explore Bali lebih dalam lagi, jangan lupa kalau kalian punya sampah dibuang pada tempatnya ya, keep Bali clean and green, with those two simple stuff Bali will always be a paradise for everyone.  See ya!!!

Follow me on:

Instagram: heyho_traveler |Twitter: @Heyho_Traveler

Reach Me Through:

Email: hayheyho.traveler@gmail.com |Text/Phone: 082247986577

Don’t forget to like my Fans Page on Facebook: Heyho Traveler

Heyho Traveler
Heyho Traveler
I was born in Jakarta on July 6th 1994 but fully raised in Bali. I am 100% Balinese also work and Live in Bali. I won't die until I've managed travelling around the world. Your freedom is in your hand, don't just waste your time in your goddamn comfortable bed, your life is yours,so own it, enjoy it and be free !!!